Perbedaan Ikan Arwana Jantan Dan Betina

Perbedaan Ikan Arwana Jantan Dan Betina –

Ikan Arwana merupakan ikan yang sangat populer di kalangan penggemar ikan hias. Mereka memiliki warna yang indah berkilau, membuat mereka menjadi ikan yang sangat banyak dicari. Namun, tahukah Anda bahwa ikan arwana terdiri dari jantan dan betina yang memiliki banyak perbedaan?

Perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina adalah ukurannya. Ikan arwana jantan lebih besar daripada ikan arwana betina, dengan jantan yang dapat mencapai ukuran hingga 24 inci. Sementara ikan arwana betina hanya mencapai ukuran maksimum sekitar 12 inci.

Selain itu, ikan arwana jantan juga akan memiliki warna yang lebih cerah dan kaya dibandingkan dengan ikan arwana betina. Ikan jantan juga akan memiliki beberapa jenis warna yang berbeda, seperti hijau, merah, ungu, dan banyak lagi. Sementara ikan arwana betina akan memiliki warna yang lebih terang dan kurang variasi.

Selain perbedaan ukuran dan warna, ikan arwana jantan dan betina juga memiliki perilaku yang berbeda. Ikan arwana jantan biasanya akan lebih agresif dan berani daripada ikan arwana betina. Ikan jantan juga akan sering muncul di permukaan air dan memamerkan warna-warnanya. Sementara ikan arwana betina cenderung lebih pendiam dan biasanya bersembunyi di dasar kolam.

Dalam hal reproduksi, ikan arwana jantan akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan arwana betina. Mereka akan menggunakan warna-warna menariknya dan akan menjadi lebih agresif untuk menarik perhatian. Ikan arwana betina akan menggunakan banyak energi untuk mencari tempat yang tepat untuk menetas.

Perbedaan lain antara ikan arwana jantan dan betina adalah pengelolaan makanan. Ikan arwana jantan biasanya membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana betina. Namun, ikan betina akan membutuhkan makanan yang lebih banyak ketika melakukan proses pemijahan.

Dari semua perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa ikan arwana jantan dan betina memiliki banyak perbedaan, baik dari segi ukuran, warna, perilaku, dan kebutuhan makanan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memelihara ikan arwana, sangat penting untuk memahami perbedaan antara ikan jantan dan betina agar Anda dapat mengelola mereka dengan benar.

Penjelasan Lengkap: Perbedaan Ikan Arwana Jantan Dan Betina

1. Ikan Arwana jantan dan betina merupakan ikan yang populer di kalangan penggemar ikan hias.

Ikan arwana jantan dan betina merupakan ikan yang populer di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini menarik dan menawan dengan ukurannya yang besar, warna yang indah, dan perilaku yang unik. Ikan arwana jantan dan betina memiliki perbedaan yang jelas dalam hal ukuran, warna, perilaku, dan beberapa karakteristik lainnya.

Ukuran adalah salah satu perbedaan yang paling jelas antara ikan arwana jantan dan betina. Ikan arwana jantan cenderung lebih besar daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan dapat mencapai panjang hingga 40 cm, sedangkan ikan arwana betina hanya dapat mencapai panjang hingga 20 cm. Selain itu, ikan arwana jantan memiliki ekor yang lebih panjang daripada ikan arwana betina.

Warna juga merupakan perbedaan yang jelas antara ikan arwana jantan dan betina. Ikan arwana jantan cenderung memiliki warna yang lebih cerah dan lebih beragam daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan memiliki warna merah, hijau, biru, putih, dan banyak warna lainnya. Sementara itu, ikan arwana betina cenderung memiliki warna lebih gelap dan lebih monokrom.

Perilaku juga merupakan perbedaan antara ikan arwana jantan dan betina. Ikan arwana jantan cenderung lebih aktif dan lebih agresif daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan lebih suka mengeksplorasi lingkungannya dan mencari makanan. Sementara itu, ikan arwana betina cenderung lebih pasif dan lebih suka tinggal di satu tempat.

Beberapa karakteristik lainnya yang membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah bentuk tubuh mereka. Ikan arwana jantan memiliki tubuh yang lebih lurus dan lebih berbentuk panjang daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan juga memiliki bentuk wajah yang lebih tajam dan lebih ekspresif daripada ikan arwana betina.

Untuk membedakan antara ikan arwana jantan dan betina, Anda harus mengamati mereka dengan teliti. Ikan arwana jantan dan betina memiliki beberapa karakteristik yang berbeda, seperti ukuran, warna, perilaku, dan bentuk tubuh. Dengan mengamati karakteristik-karakteristik ini, Anda dapat dengan mudah membedakan antara ikan arwana jantan dan betina.

2. Perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina adalah ukurannya, ikan arwana jantan lebih besar daripada ikan arwana betina.

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara yang populer di dunia akvarium. Ikan ini biasanya dikenal karena warna cerah dan dasar hitam yang menarik. Ikan ini juga dikenal karena tingkat keramahannya yang tinggi, menjadikannya hewan peliharaan yang menyenangkan.

Baca Juga :  Mengapa Lichen Dikatakan Sebagai Organisme Perintis

Perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina adalah ukurannya. Ikan arwana jantan biasanya lebih besar daripada ikan arwana betina. Ikan jantan mampu mencapai ukuran lebih dari 40 cm, sedangkan ikan betina biasanya hanya mencapai ukuran antara 20 – 25 cm. Selain perbedaan ukuran, ada sejumlah perbedaan lain antara ikan jantan dan betina.

Ikan arwana jantan memiliki sirip dorsal yang lebih panjang dan lebih kuat daripada ikan arwana betina. Sirip dorsal ikan jantan juga lebih terlihat karena memiliki warna yang lebih cerah. Selain itu, ikan jantan juga memiliki kepala yang lebih besar. Umumnya, ikan jantan memiliki dua bintik di bagian punggung mereka, yang tidak terlihat pada ikan betina.

Tanda lain yang dapat membantu dalam membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah warna tubuh mereka. Ikan jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah dan lebih menarik daripada ikan betina. Ikan jantan juga memiliki banyak warna yang berbeda, seperti hitam, hijau, biru, kuning, dan banyak lagi. Ikan betina juga memiliki warna yang berbeda, tetapi tidak sebanyak ikan jantan.

Ketika memelihara ikan arwana, penting untuk mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina. Ikan arwana jantan dan betina berbeda dalam ukuran, sirip dorsal, dan warna tubuh. Hal ini penting untuk dipahami agar Anda dapat mengelola ikan arwana dengan benar dan menjaga kesehatan mereka.

3. Ikan arwana jantan memiliki warna yang lebih cerah dan kaya dibandingkan dengan ikan arwana betina.

Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Ikan Arwana dikenal karena bentuk tubuhnya yang menarik dan warnanya yang indah. Ikan Arwana jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, terutama dalam hal warna.

Pertama, ikan arwana jantan memiliki warna yang lebih cerah dan kaya dibandingkan dengan ikan arwana betina. Ikan Arwana jantan biasanya memiliki warna merah, orange, kuning, dan ungu yang lebih cerah, sedangkan ikan Arwana betina memiliki warna yang lebih sedikit. Ikan Arwana jantan juga memiliki pola warna yang lebih kaya, dengan warna yang berbeda berdasarkan bagian tubuhnya. Ikan Arwana betina biasanya tidak memiliki pola warna, tetapi hanya memiliki warna yang sama di seluruh tubuhnya.

Kedua, ikan Arwana jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan Arwana betina. Ikan Arwana jantan dapat mencapai panjang hingga 30 cm, sedangkan ikan Arwana betina hanya dapat mencapai panjang hingga 20 cm. Ikan Arwana jantan juga memiliki dua jenis ekor yang berbeda, yaitu ekor cincin dan ekor lancip. Sedangkan ikan Arwana betina hanya memiliki satu jenis ekor, yaitu ekor cincin.

Ketiga, ikan Arwana jantan memiliki banyak bulu yang disebut “mustak”. Mustak ini berfungsi untuk membangkitkan rasa hormat dari ikan arwana betina. Ikan Arwana jantan juga memiliki ciri-ciri fisik yang lebih menonjol dibandingkan ikan Arwana betina. Ikan Arwana jantan memiliki sirip yang lebih panjang dan lebih tebal, serta punggung yang lebih tinggi dan berbentuk lebih berkurang.

Dengan demikian, ikan Arwana jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dalam hal warna, ukuran tubuh, dan ciri-ciri fisik. Ikan Arwana jantan memiliki warna yang lebih cerah dan kaya dibandingkan dengan ikan Arwana betina. Ikan Arwana jantan juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, serta ciri-ciri fisik yang lebih menonjol. Mustak yang dimiliki ikan Arwana jantan juga berfungsi untuk membangkitkan rasa hormat dari ikan Arwana betina. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, ikan Arwana jantan dan betina dapat dengan mudah dibedakan satu sama lain.

4. Ikan arwana jantan akan lebih agresif dan berani daripada ikan arwana betina.

Ikan arwana jantan dan betina merupakan jenis ikan yang sangat populer dan menarik bagi pecinta ikan. Mereka memiliki beberapa perbedaan yang dapat membantu Anda memilih jenis ikan yang tepat untuk kolam Anda. Satu perbedaan terpenting adalah bahwa ikan arwana jantan akan lebih agresif dan berani daripada ikan arwana betina.

Ukuran adalah salah satu perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina. Ikan jantan arwana biasanya lebih besar dari ikan betina. Ikan jantan juga dapat mencapai panjang hingga 18 inci, sementara ikan betina hanya mencapai panjang sekitar 12 inci. Selain itu, ikan jantan arwana memiliki sisik yang lebih tebal dan lebih banyak daripada ikan betina. Sisik jantan arwana juga memiliki warna yang lebih jelas dan lebih cerah.

Selain ukuran dan tekstur sisik, ikan arwana jantan dan betina juga memiliki perilaku yang berbeda. Ikan arwana jantan akan cenderung lebih agresif dan berani daripada ikan betina. Ikan jantan arwana cenderung lebih mudah terangsang dan cepat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya. Ikan jantan juga akan menunjukkan tingkat agresi yang lebih tinggi terhadap ikan lain di akuarium Anda.

Ikan betina arwana juga memiliki perilaku yang berbeda. Ikan arwana betina akan lebih cenderung menjaga jarak dengan ikan lain di akuarium Anda. Ikan betina lebih cenderung menghindari konflik dan akan mencari tempat yang jauh untuk bersembunyi jika mereka merasa terancam. Ikan betina juga lebih cenderung untuk menghabiskan waktu mereka sendirian daripada ikan jantan.

Karena ikan arwana jantan lebih agresif dan berani daripada ikan betina, Anda harus menjaga jumlah ikan jantan dan ikan betina di akuarium Anda dengan seimbang. Jika Anda menambahkan terlalu banyak ikan jantan, mereka dapat saling bertengkar dan membuat ikan lain merasa tidak nyaman. Jika Anda menambahkan terlalu banyak ikan betina, mereka mungkin akan menghindari area yang lebih besar di akuarium Anda.

Baca Juga :  Mengapa Muhammadiyah Harus Mendirikan Rumah Sakit

Untuk menjaga keseimbangan di akuarium Anda, pastikan Anda menambahkan ikan jantan dan betina dengan jumlah yang seimbang. Jika Anda menambahkan ikan jantan, pastikan juga untuk menambahkan ikan betina untuk mengurangi tingkat agresi di akuarium Anda. Dengan memahami perbedaan ikan arwana jantan dan betina, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang jenis ikan yang akan Anda beli untuk akuarium Anda.

5. Ikan arwana jantan akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan arwana betina.

Ikan arwana adalah ikan yang berasal dari keluarga Cichlidae dan tumbuh di air tawar di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan jenis ikan yang populer di dunia akvarium karena warnanya yang menarik dan tingkah lakunya. Ikan arwana terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan arwana jantan dan betina. Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan penting antara ikan arwana jantan dan betina.

Pertama, bentuk tubuh ikan arwana jantan dan betina berbeda. Ikan arwana jantan lebih besar dan memiliki lebih banyak warna daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan memiliki warna merah, hitam, dan keabu-abuan yang lebih kuat daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan juga memiliki sirip yang lebih lebar dan panjang daripada ikan arwana betina.

Kedua, ikan arwana jantan lebih agresif daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan menjadi agresif saat mencoba menarik perhatian ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan arwana betina. Ikan arwana jantan dapat menggunakan tindakan agresif seperti menggigit atau menarik ikan arwana betina. Ikan arwana betina tidak akan menjadi agresif dengan ikan lain dan tidak akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan lain.

Ketiga, ikan arwana jantan dan betina memiliki perilaku yang berbeda. Ikan arwana jantan akan mencoba menarik perhatian ikan arwana betina dengan cara menyebar bola yang disebut bubu. Ikan arwana jantan juga dapat menggunakan suara untuk menarik perhatian ikan arwana betina. Ikan arwana betina tidak akan melakukan hal yang sama.

Keempat, ikan arwana jantan dan betina memiliki karakter yang berbeda. Ikan arwana jantan lebih agresif dan dominant daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan mencoba menarik perhatian ikan arwana betina dengan cara yang agresif. Ikan arwana betina tidak akan melakukan hal yang sama dan lebih cenderung menghindari ikan arwana jantan.

Kelima, ikan arwana jantan akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan menggunakan tindakan agresif seperti menarik atau menggigit ikan arwana betina untuk menarik perhatiannya. Ikan arwana betina tidak akan menggunakan banyak energi untuk menarik perhatian ikan arwana jantan.

Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan penting antara ikan arwana jantan dan betina. Perbedaan ini termasuk bentuk tubuh, perilaku, karakter, dan bahkan kemampuan untuk menggunakan energi untuk menarik perhatian ikan arwana betina. Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda dapat memilih jenis ikan arwana yang tepat untuk akvarium Anda.

6. Ikan arwana jantan membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana betina.

Ikan arwana adalah ikan air tawar yang populer karena warnanya yang indah dan karakter interaktifnya. Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan telah menjadi populer di tambak dan akuarium di seluruh dunia. Ikan arwana dibedakan menjadi ikan arwana jantan dan betina. Meskipun kedua jenis ikan tersebut memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan penting antara keduanya.

Pertama, ikan arwana jantan lebih besar daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan bisa mencapai ukuran 24 inci atau lebih, sedangkan ikan arwana betina biasanya hanya mencapai 18 inci. Ikan arwana jantan juga lebih terlihat ekstensif dengan warna yang lebih cerah dan lebih banyak garis-garis di tubuhnya.

Kedua, ikan arwana jantan memiliki lebih banyak kepribadian dan perilaku yang berbeda daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan cenderung lebih agresif daripada ikan arwana betina, dan mereka juga lebih cepat bereaksi terhadap objek di sekitarnya. Ikan arwana jantan juga lebih aktif daripada ikan arwana betina.

Ketiga, ikan arwana jantan cenderung lebih suka mencari makanan daripada ikan arwana betina. Hal ini karena ikan arwana jantan membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana betina. Karena itu, ikan arwana jantan harus mendapatkan makanan yang lebih banyak dan lebih berkualitas untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatannya. Ikan arwana jantan juga lebih mudah lapar dan mudah kehilangan berat badan.

Keempat, ikan arwana jantan lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan cenderung lebih mudah terganggu oleh perubahan suhu, pH, kualitas air, dan ketersediaan nutrisi daripada ikan arwana betina. Karena itu, ikan arwana jantan harus lebih diperhatikan jika ingin dibesarkan dengan baik.

Kelima, ikan arwana jantan dan betina berbeda dalam hal reproduksi. Ikan arwana jantan akan melakukan tarian yang disebut nest building untuk menarik ikan arwana betina. Ikan arwana betina juga akan mengubah warna dan bentuk tubuhnya untuk menarik ikan arwana jantan.

Terakhir, ikan arwana jantan membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana betina. Hal ini karena ikan arwana jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih aktif daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan juga memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi, sehingga membutuhkan makanan yang lebih banyak untuk mempertahankan kesehatannya.

Baca Juga :  Apakah Jin Bisa Masuk Surga

Dengan demikian, ikan arwana jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan penting. Ikan arwana jantan lebih besar daripada ikan arwana betina, memiliki perilaku lebih agresif, lebih suka mencari makanan, dan membutuhkan makanan yang lebih banyak. Karena itu, ikan arwana jantan harus mendapatkan makanan yang lebih berkualitas agar tetap sehat.

7. Ikan arwana betina akan membutuhkan makanan yang lebih banyak ketika melakukan proses pemijahan.

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dicari dan dijual di pasar. Ikan arwana dibedakan menjadi jantan dan betina berdasarkan ciri fisik dan perilaku. Perbedaan antara keduanya dapat membantu pemelihara ikan memilih jenis ikan yang berbeda, bervariasi dan kompatibel untuk diikuti di aquarium.

Pertama-tama, perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina adalah ukurannya. Ikan arwana jantan akan menjadi lebih besar daripada ikan arwana betina, yang biasanya berukuran sekitar 8-10 inci. Ikan arwana jantan dapat mencapai hingga 12-14 inci. Selain itu, ikan arwana jantan memiliki warna yang lebih kuat dan lebih banyak pola daripada ikan arwana betina.

Kedua, perilaku ikan arwana jantan dan betina juga berbeda. Ikan arwana jantan akan menjadi lebih agresif daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan berkelahi dengan ikan lainnya di aquarium, dan juga akan mengejar dan mengejar ikan arwana betina. Ikan arwana jantan juga menunjukkan perilaku perlindungan terhadap wilayahnya dengan mengikuti ikan arwana betina. Ikan arwana betina, di sisi lain, akan lebih cenderung menghindari konflik dan cenderung pasif daripada ikan arwana jantan.

Ketiga, ikan arwana jantan dan betina dapat dibedakan oleh organ reproduksi mereka. Ikan arwana jantan memiliki testis dan organ reproduksi lainnya di bawah bagian belakang tubuh mereka, sedangkan ikan arwana betina memiliki ovarium di bawah bagian belakang tubuh mereka.

Keempat, ikan arwana jantan dan betina juga memiliki perilaku pemijahan yang berbeda. Ikan arwana jantan akan menjadi lebih agresif dan akan mengejar ikan arwana betina untuk membuatnya melakukan pemijahan. Ikan arwana betina akan mengambil lebih banyak waktu untuk melakukan pemijahan dan umumnya membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana jantan.

Kelima, ikan arwana jantan dan betina juga memiliki jenis makanan yang berbeda. Ikan arwana jantan dapat memakan makanan yang lebih keras, seperti krustasea dan makanan kering, sedangkan ikan arwana betina akan lebih suka makan makanan yang lembut seperti makanan cair.

Keenam, ikan arwana jantan dan betina akan menunjukkan perilaku berbeda terhadap lingkungannya. Ikan arwana jantan akan menjadi lebih agresif daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan akan menghabiskan lebih banyak waktu menyelam di daerah yang lebih dalam dan mencari makanan daripada ikan arwana betina.

Ketujuh, dalam proses pemijahan, ikan arwana betina akan membutuhkan makanan yang lebih banyak daripada ikan arwana jantan. Hal ini karena ikan arwana betina akan mengambil waktu lebih lama untuk melakukan pemijahan dan memerlukan lebih banyak makanan untuk menjaga energi. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin memelihara ikan arwana harus menyediakan makanan yang cukup untuk ikan arwana betina.

Kesimpulannya, perbedaan utama antara ikan arwana jantan dan betina adalah ukurannya, perilaku, organ reproduksi, jenis makanan, perilaku pemijahan dan perilaku terhadap lingkungan. Selain itu, ikan arwana betina juga membutuhkan makanan yang lebih banyak ketika melakukan proses pemijahan.

8. Perbedaan antara ikan arwana jantan dan betina termasuk ukuran, warna, perilaku, dan kebutuhan makanan.

Ikan arwana adalah salah satu ikan air tawar yang populer di kalangan akuarium. Ikan arwana terkenal karena warna spektakulernya yang beragam dan perilaku yang menarik. Ikan arwana jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang menarik. Berikut adalah beberapa perbedaan antara ikan arwana jantan dan betina.

Pertama, ikan arwana jantan dan betina memiliki ukuran fisik yang berbeda. Ikan arwana jantan lebih besar daripada ikan arwana betina. Ikan arwana jantan umumnya mencapai ukuran antara 15 hingga 20 inci, sedangkan ikan arwana betina cenderung lebih kecil, antara 10 hingga 15 inci.

Kedua, ikan arwana jantan dan betina memiliki warna yang berbeda. Ikan arwana jantan memiliki warna yang lebih cerah dan lebih banyak warna. Warna ikan arwana jantan dapat berupa ungu, merah, oranye, biru, dan hijau. Sementara itu, ikan arwana betina memiliki warna yang lebih gelap dan terbatas, yang biasanya berupa hitam, biru tua, dan hijau.

Ketiga, ikan arwana jantan dan betina memiliki perilaku yang berbeda. Ikan arwana jantan lebih agresif dan lebih suka berkelahi satu sama lain. Ikan arwana jantan juga lebih suka berburu dan mengejar ikan lain di akuarium. Sementara itu, ikan arwana betina cenderung lebih tenang dan lebih suka bersembunyi di tempat yang aman.

Keempat, ikan arwana jantan dan betina membutuhkan pemakanan yang berbeda. Ikan arwana jantan membutuhkan makanan yang lebih bervariasi, termasuk pakan ikan, pakan cacing, daun, dan serangga. Sementara itu, ikan arwana betina cenderung lebih menyukai makanan yang lebih mudah dicerna, seperti makanan kering dan jeli.

Dalam kesimpulan, ikan arwana jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang jelas, termasuk ukuran, warna, perilaku, dan kebutuhan makanan. Ikan arwana jantan lebih besar, lebih cerah, dan lebih agresif, sementara ikan arwana betina lebih kecil, lebih gelap, dan lebih tenang. Ikan arwana jantan membutuhkan makanan yang lebih bervariasi, sedangkan ikan arwana betina lebih menyukai makanan yang lebih mudah dicerna.

Tinggalkan komentar